Rabu, 30 Oktober 2013

Susu Kuda Liar Yang Menggoda


Kalau ke suatu daerah pasti yang dicari pertama adalah yang khas dari daerah tersebut, khususnya yang bisa dibawa pulang alias oleh-oleh.Benar kan? 


Beberapa waktu lalu ke Lombok, saya langsung browsing oleh-oleh menarik buat dibawa pulang.Kalo sekedar kue-kuean itu sudah biasa yah.Semua daerah pasti punya.Bahkan ada beberapa daerah yang jenis oleh-olehnya sama.Sebut saja misalnya, Yogya dan Gorontalo serta Manado, semuanya punya kue pia buat oleh-oleh.

Nah, di Lombok ternyata ada oleh-oleh yang daerah lain gak punya.Pernah dengar susu kuda liar?Yup! Susu kuda yang diambil dari kuda yang tumbuh liar di savana-savana di Sumbawa.Di daerah lain mana ada, lha Sumbawa hanya ada di NTB, hehehe.

Well, akhirnya diputuskan, susu kuda liar Sumbawa sebagai target pertama.Pas jalan ke toko souvenir, pas nanya susu kuda liar, pas juga ada dijual.Perfect! Sebelum membeli, saya ingin mencoba dulu, bagaimana rasa susu kuda liar Sumbawa yang dipercaya bisa menjaga  dan meningkatkan stamina.Rasanya asam-asam kecut.Tapi bikin saya ketagihan.Disitu juga dijual madu putih, yang warnanya putih dan teksturnya kental seperti susu kental manis.Ini juga pertama kalinya saya mencicipi madu putih khas Sumbawa.Rasanya enak, kurang lebih sama dengan coklat putih kesukaanku, hehehe.Kalo tidak kuat dengan rasa asam dari susu kuda liar ini, bisa dicampur dengan madu putih.Mantap!

Teman-teman cowok serombongan saya, pada iseng gangguin, katanya buat apa beli susu kuda liar.Dan teman yang lain menimpali, kalo bisa buat menambah gairah seksual, dan tebak, mereka pun puas ngerjain saya.

Dari literatur yang saya baca, sebenarnya susu kuda sama saja dengan susu sapi dengan susu kambing.Sama- sama memiliki protein, karbohidrat, laktosa, lemak, kalsium dan mineral seperti kalium dan magnesium. Namun susu kuda liar punya keuggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa. Susu kuda bagus untuk pencernaan karena rantai proteinnya yang lebih mudah dicerna tubuh. Dengan pencernaan yang sehat maka orang akan menjadi lebih fit.Hal itulah yang kemudian dipercaya orang bahwa susu kuda bisa meningkatkan gairah seksual padahal yang sebenarnya khasiat susu kuda lebih kepada pencernaan yang bagus dan kebutuhan gizi yang tercukupi.

Pas sampai di rumah, saya lalu menawarkan susu kuda liar ini kepada taji saya.Beliau baru-baru saja sakit diabetes, dan kadang-kadang mengeluh sakit di beberapa titik persendiannya.Alhamdulillah, pas sekali minum saja, nyeri-nyeri di persendian berkurang drastis, bahkan kemudian hilang sama sekali.Sementara saya sendiri, khasiat yang saya rasakan sih cukup luar biasa.Setelah perjalanan yang cukup melelahkan, mengonsumsi susu kuda, membuat rasa lelah saya dapat teratasi dengan cepat.Badan lebih fit, metabolisme pun lancar.Tidak sampai seminggu, susu kuda yang sebotol sedang pun ludess tak bersisa.Padahal saya awalnya khawatir  jika tak ada peminat dirumah dan akan disimpan lama di kulkas.Tapi ternyata, meski disimpan lama, tak perlu khawatir karena susu kuda mengandung komponen antibakteri alami sehingga membuat susu menjadi awet.

Penasaran dengan susu kuda liar? Hmm..sepertinya harus ke NTB nih! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar